Rabu, 29 Oktober 2025

Mengajarkan Panas Bumi, Menyalakan Harapan Negeri

 

Belajar fisika  bukan sekadar menghafal rumus, teori atau menyelesaikan soal. Lebih dari itu, fisika adalah ilmu yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari, ilmu yang mampu membantu manusia memahami alam dan menemukan solusi bagi berbagai persoalan yang dihadapi di bumi ini.

Sebagai guru fisika di MAN 3 Kediri, saya selalu berusaha mengaitkan konsep-konsep fisika dengan realitas kehidupan. Misalnya saat membahas materi tentang energi terbarukan, saya mengajak siswa berpikir dan menganalisis bahwa dalam memenuhi kebutuhan hidup, kita tidak pernah lepas dari listrik. Hampir semua peralatan yang kita gunakan, dari lampu, kipas angin, mesin cuci hingga ponsel memerlukan energi listrik.

Lantas bagaimana listrik itu dihasilkan ? Apa hubungan antara listrik dan energi ? Saya menjelaskan bahwa listrik merupakan salah satu bentuk energi, sedangkan energi berasal dari berbagai sumber. Saat ini dunia sedang berupaya menemukan energi alternatif yang bersih, ramah lingkungan, tanpa emisi dan berkelanjutan.

Di awal pembelajaran, saya sering memantik rasa ingin tahu siswa dengan pertanyaan. “Menurut kalian, bisakah kita menghasilkan energi tanpa merusak bumi ?”. Biasanya kelas menjadi hening sesaat. Anak-anak tampak berpikir keras. Ada yang menjawab, “Bisa Bu, dari matahari, air, angin”. Saya membenarkan jawaban mereka dan menambahkan. “Selain dari luar bumi, tahukah kalian bahwa bumi juga bisa menghasilkan energinya sendiri tanpa merusak dirinya? Energi itu disebut panas bumi atau geothermal". Sebagai pengetahuan awal, menjelaskan bahwa di dalam perut bumi terdapat sumber energi besar yang berasal dari panas alami, seperti panas dari magma, air panas dan uap di bawah tanah, serta batuan kering panas (hot dry rock). Indonesia yang berada di kawasan Cincin Api Pasifik (Ring of Fire) memiliki banyak gunung berapi aktif, sehingga menyimpan potensi besar energi panas bumi.

Panas dari perut bumi ini bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik. Prosesnya sederhana : panas bumi memanaskan air di bawah permukaan tanah hingga menghasilkan uap bertekanan tinggi. Uap itu digunakan menggerakkan turbin, yang pada gilirannya menggerakkan generator dan menghasilkan energi listrik.

Belajar dari Eksperimen Sederhana

Agar siswa lebih mudah memahami konsep ini, saya mengajak mereka melakukan eksperimen sederhana. Kami memanaskan air di dalam panci tertutup kaca di atas kompor. Ketika air mencapai titik didih, uap panas naik dan menggerakkan tutup panci. Dari sini saya menjelaskan : “Bayangkan panas dari kompor itu seperti panas dari perut bumi. Air dipanci adalah air bawah tanah, dan uap yang naik adalah energi yang bisa memutar turbin pembangkit listrik tenaga panas bumi.”

Melalui kegiatan sederhana itu, siswa memahami bahwa konsep fisika bukanlah hal yang jauh dari kehidupan. Mereka bisa melihat sendiri bagaimana energi berpindah dan diubah menjadi bentuk lain, dari panas menjadi gerak, dari gerak menjadi listrik.

Saya juga menjelaskan bahwa Indonesia, dengan banyak gunung berapi,memiliki potensi luar biasa untuk menghasilkan energi bersih. Uap yang digunakan dalam proses ini tidak mencemari udara dan tidak menghasilkan karbon seperti energi dari pembakaran dari batu bara atau minyak bumi. Bahkan, setelah digunakan, air dan uap dikembalikan lagi ke dalam tanah agar siklusnya berlanjut. Dengan cara ini, energi panas bumi menjadi energi berkelanjutan.

Sinergi Pendidikan dan Kebijakan Keuangan Negara

Lantas bagaimana cara mewujudkan pengelolaan sumber energi panas bumi secara maksimal ? Tentu diperlukan dukungan nyata dari pemerintah. Dalam upaya menuju net zero emission tahun 20260, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berkomitmen mendorong pengembangan energi baru terbarukan, salah satunya melalui dana PISP (Pembiayaan Infrastruktur Sektor Panas Bumi).

Melalui kebijakan fiskal yang bijak, Kemenkeu memberikan dukungan, baik fiskal maupun non fiskal, untuk proyek-proyek energi bersih. Salah satunya diwujudkan lewat PT Geo Dipa Energi, perusahaan milik negara yang mendapatkan pendanaan dari Kemenkeu untuk mengelola potensi panas di berbagai daerah di Indonesia.  

Dengan demikian, uang rakyat yang dikelola melalui APBN dikembalikan lagi untuk kemakmuran rakyat. Tidak hanya dalam bentuk jalan dan jembatan , tetapi juga dalam wujud energi bersih yang menyehatkan bumi.

Saya sering berkata kepada siswa, “Nyala lampu yang kalian lihat di rumah, mungkin sebagian listriknya berasal dari panas bumi. Energi itu bisa ada karena kerja sama antara ilmuwan, guru dan Kementerian Keuangan yang mengatur anggaran untuk kebaikan bangsa”. Mendengar itu, mereka biasanya tersenyum bangga. Saat itulah saya tahu ,mereka mulai memahami bahwa APBN bukan sekadar angka di atas kertas, melainkan energi nyata yang menerangi negeri.

Energi dan Tanggung Jawab Moral

Dalam diskusi kelas, tak jarang saya sering menekankan bahwa energi tidak hanya urusan teknologi, tetapi juga menyangkut tanggung jawab moral terhadap bumi. Jika manusia terus bergantung pada bahan bakar fosil, suhu bumi akan semakin meningkat, udara makin panas dan perubahan iklim akan semakin parah. Sebaliknya, energi panas bumi memberikan harapan baru : bersih, tidak berasap, dan ramah lingkungan. Saya tekankan kepada siswa bahwa setiap pilihan energi memiliki konsekuensi terhadap kehidupan di bumi, dan tugas manusia adalah memilih yang bijak.

Pendidikan dan Masa Depan Energi Indonesia

Dari sini kita bisa melihat adanya sinergi antara pendidikan dan kebijakan fiskal. Mungkin Kemenkeu tidak hadir di ruang kelas, tapi kebijakannya terasa. Melalui pengelolaan APBN, guru bisa mengajar dengan fasilitas memadai, laboratorium bisa berfungsi, dan informasi tentang energi baru bisa diakses oleh siswa di seluruh Indonesia. Sebaliknya, dunia pendidikan juga mendukung visi pemerintah dengan menyiapkan generasi yang paham sains, kritis dan peduli lingkungan. Menjelang Indonesia Emas 2045, bangsa ini bercita-cita menjadi negara maju dan mandiri. Untuk mencapainya, ada dua hal penting yang harus berjalan berdampingan yaitu kebijakan keuangan negara yang bijak dan berpihak pada keberlanjutan serta pendidikan yang menanamkan kesadaran energi bersih sejak dini.

Kemenkeu telah menyiapkan arah kebijakan fiskal hijau untuk mendukung transisi energi, sementara para guru dan pendidik menyiapkan generasi yang berilmu, berkarakter dan mencintai lingkungan. Jika semua pihak berjalan bersama, cita-cita Indonesia untuk menjadi negara yang kaya energi dan kaya kesadaran bukanlah hal yang mustahil.

Mengajarkan panas bumi dalam pelajaran fisika bukan hanya tentang teori, tetapi tentang menyalakan kesadaran baru bahwa setiap orang punya peran dalam menjaga bumi. Belajar tentang energi panas bumi bukan hanya membahas listrik, tapi juga menanamkan harapan, tanggung jawab dan cinta tanah air. Bersama dukungan Kementerian Keuangan yang mengelola sumber daya negara dengan bijak, kita semua sedang menyalakan sesuatu yang lebih besar dari sekadar cahaya, yaitu masa depan Indonesia yang terang, bersih dan berkelanjutan.

 

49 komentar:

  1. sangat bermanfaat untuk pembelajaran dan sangat mudah sekali untuk di pahami

    BalasHapus
  2. Hebat sekalii sangat bermanfaat 😻

    BalasHapus
  3. saya bisa terinspirasi dan bermakna dalam belajar fisika

    BalasHapus
  4. sangat bermanfaat sekaliii😍😍😍

    BalasHapus
  5. sangat bermanfaat dan mudah dipahami oleh pelajar👍🏼

    BalasHapus
  6. untuk blog yang membahas tentang"mengajarkan panas bumi,menyalakan harapan negeri"
    Sudah bagus untuk memberi tahu anak muda bahwasanya listrik bisa dihasilkan energi panas bumi

    BalasHapus
  7. Sangat mudah dipahami oleh para siswa 👍

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. materi yang disampaikan benar-benar membuka wawasan saya terhadap pemanfaatan panas bumi bagi keberlanjutan kehidupan sehari-hari. selain itu, eksperimen sederhana yang di ajarkan beliau juga dapat membantu saya dalam memahami bagaimana proses pembangkit listrik itu terjadi.

    BalasHapus
  10. artikelnya sangat bermanfaat sekalii, terimakasih bu

    BalasHapus
  11. Penjelasan nya mudah di pahami, terimakasih

    BalasHapus
  12. setelah saya membaca ini saya lebih mudah memahaminya dan menambah pengetahuan yang belum saya mengerti,terimakasih ilmunya

    BalasHapus
  13. Terimakasih buu ..sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  14. keren sekali dari blog ini saya pribadi mendapatkan ilmu baru yang menarik dan bermanfaat sekali, terimakasih sukses selalu🤍

    BalasHapus
  15. trimakasih bu, materinya sangat bermanfaat sekali😻

    BalasHapus
  16. Artikelnya sangat informatif, penulis mampu menjelaskan tentang energi panas bumi dengan bahasa yang sederhana dan jelas. Terimakasih bu.. sangat bermanfaat

    BalasHapus
  17. Melalui kegiatan sederhana itu, siswa memahami bahwa konsep fisika bukanlah hal yang jauh dari kehidupan. 

    BalasHapus
  18. artikel ini sangat bermanfaat bagi pelajar juga khalayak umum, trimakasih bu ifaa, sehat selaluu

    BalasHapus
  19. Terimakasih artikel ini sangat membantu 🙏🙏

    BalasHapus
  20. pembelajaran fisika bisa dikaitkan dengan kehidupan nyata dan memiliki peran penting dalam membangun kesadaran akan energi bersih. Pendekatan pembelajaran yang dilakukan guru tidak hanya mengajarkan teori, tetapi juga menanamkan nilai moral, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap lingkungan.

    Selain itu, penjelasan tentang sinergi antara pendidikan dan kebijakan fiskal negara menunjukkan bahwa upaya mewujudkan Indonesia yang berkelanjutan membutuhkan kerja sama semua pihak — mulai dari guru, siswa, hingga pemerintah. Pesannya sangat kuat: ilmu pengetahuan dan kebijakan publik harus saling mendukung untuk menciptakan masa depan Indonesia yang terang, mandiri, dan ramah lingkungan.

    Tulisan ini tidak hanya membuka wawasan tentang energi panas bumi, tetapi juga membangkitkan semangat untuk ikut menjaga bumi dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa.

    BalasHapus
  21. setelah saya menyimak vidio dan membaca, menurut saya ini mudah dipahami dan mudah masuk otak.
    dan bagi saya ini bermanfaat sekali untuk belajar
    terimakasih atas materinya bu ifa







    BalasHapus
  22. artikelnya sangat bermanfaat, terimakasih buu

    BalasHapus
  23. Luar biasa, penjelasan di artikel ini membuat saya sadar kalau energi panas bumi sangat penting untuk masa depan. Semoga semakin banyak orang yang memahami pentingnya energi terbarukan seperti ini. Terus semangat!

    BalasHapus
  24. woww artikelnya bagus banget Buu, saya jadi tertarik sama fisikaa deh. terimakasih ibuu ilmu nyaa

    BalasHapus
  25. artikel nya sangat berguna untuk saya belajar

    BalasHapus
  26. terimakasih artikelnya buu ifa, semangat terus buu

    BalasHapus
  27. Tetap semangat mengajar, bu ifa hebat! 🌟 Ilmu fisika bukan sekadar rumus, tapi cara kita memahami keajaiban alam di sekitar. Teruslah menyalakan rasa ingin tahu anak-anak agar mereka melihat fisika bukan hal yang sulit, tapi sesuatu yang menyenangkan dan penuh makna. Setiap percobaan kecil dan penjelasan sederhana bisa menumbuhkan ilmuwan masa depan!

    BalasHapus
  28. Tetap semangat dalam mengajar ilmu fisika! ⚡
    Fisika bukan hanya tentang angka dan rumus, tapi tentang memahami keajaiban alam yang ada di sekitar kita. 🌍
    Teruslah menumbuhkan rasa ingin tahu dan semangat belajar anak-anak di kelas. Dengan cara mengajar yang penuh semangat dan inspiratif, fisika akan terasa mudah dan menyenangkan! 💪📚

    BalasHapus
  29. Terima kasih, artikel nya sangat bermanfaat, menjadikan saya tau bahwa ilmu fisika sangat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

    BalasHapus
  30. Terimakasih buu sangat bermanfaat artikelnya

    BalasHapus
  31. terimakasih,wawasan saya jadi bertambah

    BalasHapus
  32. Terima kasih bu, Penjelasan yang diberikan membuat saya lebih memahami materi dengan cara yang menarik dan bermakna. Dari penjelasan tentang panas bumi ini, saya belajar bahwa ilmu fisika bukan hanya soal rumus, tetapi juga tentang bagaimana menjaga bumi dan menyalakan harapan untuk masa depan

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. artikel mudah dipahami dan mengedukasi, keren sekali

    BalasHapus
  35. Tulisan ini sangat menginspirasi, karena belajar fisika ternyata bukan hanya menghafal, tetapi juga berkaitan dengan kehidupan dan cara kita dalam menjaga bumi ini, serta juga dapat membantu menciptakan masa depan Indonesia yang bersih dan berkelanjutan.

    BalasHapus
  36. Artikel ini sangat inspiratif karena menunjukkan pentingnya kerja sama antara pemerintah, guru, dan siswa dalam mendukung energi bersih. Melalui kebijakan fiskal yang bijak, Kemenkeu membantu mewujudkan masa depan Indonesia yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

    BalasHapus

  37. Artikel ini sangat menginspirasi saya! Materi nya berhasil menunjukkan bahwa fisika bukan hanya teori saja, tetapi juga ilmu yang bermanfaat bagi kehidupan sehari hari dan masa depan kita.
    Tetap semangat Bu Ifa untuk terus berbagi ilmu kepada siswa siswi 💪🏻

    BalasHapus
  38. Artikel ini memberikan wawasan baru tentang pentingnya pendidikan karakter di sekolah. Penyampaian ide-idenya runtut dan didukung dengan contoh konkret, sehingga sangat bermanfaat bagi pembaca, terutama pelajar dan pendidik.

    BalasHapus
  39. terimakasih, artikel ini bisa buat meluaskan wawasan

    BalasHapus
  40. Artikel yang sangat inspiratif! 🌱✨
    Menarik sekali cara mengaitkan konsep panas bumi dengan pembelajaran dan kepedulian lingkungan. Semoga semakin banyak guru yang mengajar dengan semangat seperti ini. Terima kasih sudah berbagi ilmu dan inspirasi!

    BalasHapus
  41. Pemanfaatan panas bumi adalah langkah cerdas. Dukungan dari semua pihak, termasuk guru dan siswa, sangat berarti. Terimakasih semoga ilmunya bermanfaat.

    BalasHapus
  42. Terima kasih bu,, ilmunya sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  43. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus